Seminar Indonesian Sustainable Palm Oil 2013


September 24, 2013 Kebijakan, News No Comments

EI,Jakarta-Selasa (24/9), Indonesian Sustainable Palm Oil/ISPO menyelenggarakan seminar yang bertajuk “ISPO Menjamin Legalitas, Keberlanjutan, Memperbaiki Lingkungan,dan Meningkatkan Peran Sosial Ekonomi” di Hotel Gran Melia Jakarta. Melalui seminar ini diharapkan dapat terlahir masukan-masukan dari para pemangku kepentingan terkait guna mendapatkan rekomendasi dan bahan penyempurnaan kebijakan pembangunan perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.

Pada tahun 2011 lalu, Pemerintah Indonesia telah menetapkan Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia (ISPO) melalui peraturan menteri pertanian nomor 19/permentan/OT.140/3/2011 tanggal 29 maret 2011. ISPO sendiri memiliki misi untuk memenuhi persyaratan pembangunan berkelanjutan dan menjawab tuntutan pasar global serta mendorong pelaku usaha perkebunan supaya dapat mencapai produksi yang sustainable melalui sertifikasi.

Hari Priyono selaku Sekretaris Jenderal Kementrian Pertanian dalam sambutannya menjelaskan 2 skema untuk pelaksanaan sertifikasi ini,  yaitu skema pertanian plasma dan skema pertanian swadaya. “Persyaratan untuk penerapan skema ini tidak sama namun akan terus dilakukan karena jika swadaya itu kan dilakukan sendiri atas kemampuan petani. Tetapi mengacu pada prinsip yang sama,” ujarnya.

Priyono juga menyatakan optimisme terhadap akan bertambahnya perusahaan perkebunan kelapa sawit  bersertifikasi ISPO, “sejak penerapannya sudah 19 perusahaan yang telah disertifikasi oleh ISPO dan 9 lembaga sertifikasi yang telah ditunjuk untuk melaksanakan sertifikasi ISPO, target sertifikasi ISPO pada akhir tahun 2013, diperkirakan akan meningkat double 30 sampai 50 perusahaan perkebunan kelapa sawit,” tandasnya.

(Muhammad Galih Wicaksono)

Direktori

Link